Langsung ke konten utama

Nilai.


Dulu waktu aku masih SD aku pernah nangis karna hal yang menurut aku sih konyol. Waktu itu aku kelas 3 mau naik kelas 4. Aku nangis waktu pembagian rapot yang ternyata dinyatakan aku dapet rangking 2. Searasa shock mendadak gitu, aku masih belum terima dan aku bener – bener nangis, bukannya nangis menyesali menurunnya kualitas belajarku atau apalah, aku nangis karan posisi waktu itu pun aku enggak begitu suka sama guru ku. Haha
Abis itu, aku mungkin sedikit bangkit lagi dengan penuh kekesalah kalo rangking aku turun lagi itu kegengsian buat diriku sendiri haha
Naik turunya nilai udh ngebuat aku lebih kuat lagi dan bisa menerima kenyataan yang ada. Sampe akhirnya kelulusan, aku lulus tapi tidak dengan nilai yang memuaskan, aku pun udh mulai mau menerima. Its okey
Aku masuk ke salah satu SMP favorit di kotaku, tapi dengan perjuangan masuk yang benar – benar mengurasa tenaga. Hal itu karena, memang nilaiku yang jauh dari harapanku dan juga orang tuaku. Masih sangat jauh untuk bisa masuk. Tapi alhamdulillahnya aku bisa masuk walaupun perjuangan dibaliknya yang super duper ribet.
Aku agak sedikit ngambang gak jelas di SMP, emang sih aku masuk salah satu kelas unggulan di SMP itu, tapi bukannya aku ingin memperbaiki diri dari kesalahan – kesalahanku yang pernah aku lakuin waktu SD, aku malah semakin terlena dengan keadaan. Nilai aku lebih buruk dari pada nilai – nilai SD. Rangking 1 ? 2 ?untung – untung dah aku masih dapet nilai diatas standar rata – rata kelasku. Naik kelas 8, aku masih bisa tetep bertahan di kelasku yang sama, tapi dengan penurunan nilai yang lebih drastis. Aku pernah dapet rangking 28 dari total 30 siswa, ya itu hal yang sedikit membuat aku shock juga, tapi aku pun tetap dengan keadaan yang sama, enggak ada perubahan yang signifikan untuk memperbaiki diri.
Bener – bener gak tau deh pemikiran aku waktu itu, sampe akhirnya waktu naik kelas 9 itu menjadi tamparan keras buat diri aku sendiri, jadi kelas unggulan di kelas 9 Cuma di jadiin 2 kelas, daan hasilya untung – untung dah naik kelas. Sempet waktu pembagiaan rapot kelas 8 ke kelas 9 aku ditanya sama ibu, “ naik kelas enggak mbak? Nilaimu jelek bangt gitu?” hahaha
Ya aku dengan ras bodo amat, “ ya naik lah bu, Cuma paling nilainya aja yg enggak ada bedanya :D”
Aku seakan – akan orang yang enggak peduli dengan nilai – nilai aku. Tujuan aku Cuma berangkat sekolah enggak telat, ikut bimbingan kelas tambahan seperti biasa, mau aktif juga biasa – biasa aja yang penting aku bahagia. Kalo aku pikir pikir sampe saat ini pun aku masih gak habis pikir dengan pemikiranku yangsedemikian rupa pada saat itu, seakan – akan diriku enggak ada tujuan hidup gitu wkwk
Tapi dikelas 9, aku seperti sedikit menemukan jati diri aku yang selama ini gak tau kemana. Aku seakan dapet motivasi tersendiri dikelas akhir ku itu. Aku mencoba sedikit  demi sedikit untuk menggak nyontek lagi, :D dan hal – hal konyol lainnya yang udh jadi makanan sehari – hari selama 2 tahun berlalu.aku semakin rajin belajar pelajaran – pelajaran yang akan di ujikan buat UN, haha
Seakan mendapat hidayah mendadak, mungkin sepertinya waktu itu aku menemukan sosok yang aku kagimu hahaha Sesosok yang selalu aku rindukan keberandaannya, untuk selalu aku berangkat sekolah. Diwaktu itu yaa, aku suka main gitar dan nyanyi – nyayi bareng, konyol – konyolan bareng, sampe aku punya rasa suka yang sama terhadap matematika, sehingga aku dan dirinya selalu ingin belajar lebih untuk matematika.
Nah, waktu pembagian rapot semester 1 aku dapet peringkat 2 atau 3 gitu, ahah seneng sih, Cuma rasa senengnya beda aja, ya aku dapet rangking yang tinggi, tapi dengan nilai yang enggak beda jauh saat aku dapet rangking diatas 20 waktu kelas 7 dan 8 dulu. Dirumah, waktu aku kasih tau akan sedkit peraihan prestasiku ke ibu, kata ibu lagi – lagi masih kurang menyenangkan “kamu rangkin 2 atau 3 dikelas bawah sama aja yaa kaya kamu rangking diatas 20 dikelas unggulan, coba deh mendingan yang mana? Pinter diantara orang – orang bodoh, atau bodoh diantara orang – orang pintar? “ itu kata si ibu yang ngebuat aku puyeng mendadak, bukannya membuat diri ini untuk semangat kembali, malah semakin “ih , apaan sih, nilai juga bukan segalanya kok!”. Diwaktu itu aku bener – bener mikir kalo nilai itu bukan segalanya, yang aku pikri bener- bener ilmu yang bisa aku bawa gitu,
Seakan aku ih, apaan ih. Apa semua yang kita cari dan kita usahakan itu harus dilihat dari nilainya ?
Itu yang selalu menbuat aku berpikir keras tenntang nilai..
Kelulusanku pun, aku dapet nilai yang lumayan tidak buruk, dan kalo misalnya aku enggak masuk pondok, aku masih bisa mencapai SMA pilihanku, yang tentunya aku masih membawa gengsiku kemana – mana. Hahaha :D
Masuk pondok, kejadian yang sama pu terjadi. Diawal – awal aku sekolah nilaiku masih mencapai target yang memuaskan, bahkan lebih jauh dari target pencapaian nilaiku selama ini, tapi enggak tau kenapa, semakin naik nialiku semakin menurun dan aku lagi – lagi enggak tau penyebab turunnya nilaiku sendiri, yang aku bisa lakukan Cuma menyalahkan diri sendiri tanpa ada niat untuk memperbaiki semunya.
Titik terendah yang pernah aku rasakan waktu aku di tingkat kelas 5, awal tahun, aku dapet nilai redah yang rendah bngt, haha
Lucu sih, aku pun kembali dengan keadaan yang enggak nyadar penyebab keanjokan nilaiku, tapi disitu aku baru sadar, mau bagaimanapun sibuknya aku dengan kegiatan pondok, aku harus tetap bisa mendapat nilai yang baik. aku mulai mencoba mencapai target – target untuk bisa memperbaiki nilai – nilai burukku, tapi aku malah menjadi tujuan nilai, seakan aku lupa dengan pikiranku yang “nilai bukanlah segalanya”. Aku terlalu terobsesi untuk dapet nilai sesuai dengan harapanku, aku lulus dan akhirnya aku sadar, memang “nilai itu bukan hasil akhir, tapi proses kita untuk mencapai hasil akhir itu”
Aku kembali tersadar dengan pikiranku yang terlalu bermabisi tentang nilai nilai nilai, yang pada akhirnya pun aku sadar, buat apa aku punya nilai tinggi, tapi enggak ada satupun ilmu yang bisa membawa kebaikan buat diri ku dan juga bermanfaat untuk sekitarku.
Aku bnyak belajar, dari salah satu temen aku yang punya kesempatan lebih untuk membimbing para santri, “may, al ulumu fi sudur, laisa si sunduk!” sontak aku sadarbener – bener dengan apa yang aku pikirkan selama ini. Iya ilmu yang sesungguhnya itu dihati kita, ilmu yang bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri, ilmu yang bisa dimanfaat untuk kepentingan umat. Bukan hanya sekedar ilmu yang kalo kita udh selesai belajarnya dimasukin ke kotak tertata rapi enggak kebuka lagi, kecuali kalo lagi kita butuh.
Nilai bukanlah segalanya, ilmu yang sesungguhnya ilmu yang benar – benar bisa bermanfaat bagi orang lain, ilmu yang benar – benar bisa menghantarkan kita untuk lebih bisa membedakan mana yang haq dan batil. Thanks buat pelajarannya teman :’)
Tapi pada kenyataannya kini pun, aku pribadi, masih suka sedih, kepikiran tentang anjloknya nilai IP ku atau apalah itu. Bnyk yang bilang, "kalo IP mu jelek, ntar kamu mau kerja dimana?” sampai ya aku pingin bilang “emang IP mu yang bener – bener akan menentukan masa depanmu, toh buktinya diluar sana banyak yang sarjana tapi kerjaannya itu – itu aja.sory bukan apa – apa ya.karna mereka belum paham akan hakekat ilmu yang sebenernya!”.
Oke aku sekarang seorang mahasiswa HUBUNGAN INTERNASIONAL, tujuan tertinggi aku ya pastilah jadi Diplomat, Duta Besar etc. Kalo misalnya aku pingin jadi guru gitu salah ya ? enggak kan?
Emang, aku sebagai orang indonesia menyadari betul akan pencapaian nilai dan segala macan. Ya bener orang bilang “mau jadi apa kalo nilanya jelek?” dan segala macam itu. i realy dont care about it. Aku hanya selalu mencoba, kalo apapun yang aku perjari, dari apapun yang ada disekitar aku akan bermanfaat buat diriku dan orang sekitarku. Bukannya aku gak peduli dengan nilai – nilaiku, aku benar – benar masih selalu memperhatikan perkembangan nilaiku di setiap semester, tapi aku lebih mencoba untuk selalu memfokuskan diri, “aku belajar untuk ILMU bukan untuk NILAI”
Just be slow men!, hidup itu mudah saat kita menikmatinya, mensyukurinya.
Cukup syukuri aja dengan apa yang kita dapatkan sekarang, kalo kita pada posisis rendah, jadikan pacuan untuk lebih baik lagi. Gini nih kita terlalu terobsesi kalo kesuksesan kita ini diukur dengan uang, dengan nilai. Semakin tinggi nilai seseorang, semakin banyak uang, akan semakin sukses orang tersebut. Menurut aku pribadi ya, itu hal yang salah fatal. Kalo aku mikir, misalnya kesuksesan kita di lihat atau diukur dari nilai atau uang enggak akan ada habisnya, enggk akan ada rasa syukurnya kita dngan keadaan kita. Cukup jadikan uang dan nilai menjadi pacuan dalam hidup buat menjadi lebih baik. usikum wa iyaya nafsi.
Percaya, saat kita jadikan nilai sebagia pacuan kita, akan lebih banyak kenikmatan yang akan kita rasakan, kita akan terjauh dari perasaan riyaa, dan hal – hal buruk lainnya. Aku ngomong gini, karana aku juga lagi pada masa itu, aku mencoba untuk selalu menguatkan diri aku pada hal – hal yang lebih positif, dengan memusatkan pikiranku pada “apapun yang aku lakukan aku niatkan untuk ibadah, aku percaya akan ada hikmah dibalik semua itu”



Komentar

  1. MEGA DRIVE Gaming - drmcd
    mEGA DRIVE Gaming. 김천 출장샵 1.4.5. The most recent update. MEGA DRIVE Gaming. 포항 출장마사지 1.5. The most 강원도 출장마사지 recent 강릉 출장안마 update. MEGA DRIVE 광주 출장샵 Gaming.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sehari Jadi Diplomat.

[sepenggal kisah pengalaman yang memberikan banyak pelajaran hidup dan pembangkin semangaat] Tepatnya pada tanggal 12 Februari tahun ini. Kegiatan rutin program studi Hubungan Internasional Unida Gontor, Studi Akademik dengan lokasi tujuan Jakarta. Dengan bermodalkan semangat kami memulai hari setelah menempuh perjalanan panjang Ngawi – Jakarta. Tujuan awal kita adalah kegiatan kelas diplomat atau dikenal dengan istilah SESDILU. Inti dari kegiatannya itu, kita dapet kesempatan untuk bisa belajar bareng diplomat muda, yang udah menempuh karir diberbagai penjuru dunia. Kesyukuran yang mendalam dan kata terimakasih mungkin enggk cukup kami haturkan kepada bapak   Aji Surya (salah satu alumni Gontor) yang telah memberikan kesempatan kami untuk belajar lebih, yang mungkin dan enggk mungkin mahasiswa lain bisa merasakan pengalaman yag berharga ini. Hal ini disebabkan kita istimewa. Haha [susah dijelasin sih pokoknya, intinya gitu] Kita bener   - bener seakan – akan jadi diplom

Realitanya.

[emang Kekuasaan itu lebih dari pada Kekayaan, tapi realitanya di Indonesia sendiri, sekarang kekuasaan dengan murahnya bisa di beli dengan Kekayaan] Gak bisa di pungkiri lagi sih ya keadaannya sekarang. Gak bisa didefinisikan keadaan Indonesia pada saat ini bagaimana. Tahun POLITIK. Apa sih maksudnya ? Yap, memasuki tahun 2019 ini akan diselenggarakan pemilihan umum PRESIDEN Indonesia masa   jabatan 2019 – 2024. Masalah yang jadi siapapun itu pun tidak bisa ditebak. Masing – masing kandidat memiliki keistimewaannnya masing – masing. Yang satu handai dalam melakukan sosialisasi dengan masyarakat tengah kebawah, ada juga yang satu yang lebih ahli dalam masalah perpolitikan, karna pernah menjabat sebagai panglima TNI keduanya memiliki daya saing yang kuat, tapi juga pasti memiliki sisi kekurangannya juga. Yang jelas, siapapun yang akan memimpin Indonesia untuk kedepannya, harapan besar pasti bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi, dari segala aspek kehidupan. Selain

kehilangan.

Untuk apa kita harus merasakan resah yang mendalam tentang kehilangan? Toh pada dasarnya, setiap diri kita tau bahwasannya kehilangan itu hal yang wajar setelah adanya pertemuan Apa dasar, kita bisa merasakan keresahan akan sebuah kehilangan, jika kita tau hakikatnya semua yang kita miliki hanyalah titipan sementara dari sang pencipta? Apa salah, jika kita merasakan keresahan atas kehilangan yang terjadi dalam hidup kita? Apa kererahan itu tanda kurang bersyukurnya kita, atas pemberian dan titipan sang pencipta? Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa resah terhadap sebuah kehilangan? Bukankah kita harus berlajar merelakan dengan kata “kehilangan” yang mungkin akan tiba tiba terjadi dalam hidup kita? Bukannkan setiap dari kita pasti akan merasakan kehilangan, kehilangan apapun hingga kehilangan dari hal kecil yang tidak pernah dipikirkannya Bukankan kita pun akan tiba pada waktu dimana kita akan kehilangan sesuatu, kehingan yang tidak akan bida didap